F. PROFIL LULUSAN
Profil Lulusan Program Studi
Doktor Pendidikan Matematika Pascasarjana Unesa adalah:
- Akademisi Senior Pendidikan Matematika
- Peneliti Ahli Pendidikan Matematika
- Pengembang dan Konsultan Ahli Pendidikan Matematika.
G. KOMPETENSI LULUSAN (PEO = Program Educational Objectives)
Program Doktor Pendidikan
Matematika Unesa dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi
sebagai berikut.
- Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru
dalam bidang Pendidikan Matematika atau praktik profesionalnya melalui
riset, hingga menghasilkan karya kreatif, orisinal, dan teruji.
- Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi,
dan/atau seni dalam bidang pendidikan matematika melalui pendekatan inter-,
multi-, dan transdisipliner.
- Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan
pengembangan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia, serta mampu
mendapat pengakuan nasional dan internasional.
H. CAPAIAN
PEMBELAJARAN (CP/PLO = Program Learning
Outcomes)
Berdasarkan
kualifikasi Kerangka Kerja Nasional Indonesia (KKNI) tahun 2012 untuk jenjang 9
(S-3) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi tahun 2015, maka Standar
Kompetensi Lulusan Prodi S3 Pendidikan dinyatakan dalam Capaian Pembelajaran
Lulusan Prodi S-3 Pendidikan Matematika yang dirumuskan sebagai berikut.
- Sikap
1)
Bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
2)
Menjunjung
tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan
etika;
3) Berkontribusi
dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan
kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
4) Berperan
sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme
serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
5)
Menghargai
keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau
temuan orisinal orang lain;
6)
Bekerja
sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan
lingkungan;
7)
taat
hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
8)
Menginternalisasi
nilai, norma, dan etika akademik;
9)
Menunjukkan
sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
10) Menginternalisasi semangat
kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Keterampilan Umum
1) Mampu
menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru memberikan
kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau
teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora di bidang
keahliannya, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi
ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif;
2)
Mampu
menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk
kajian teoritis dan/atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni dan
inovasi yang dihasilkannya dalam bentuk disertasi, serta memublikasikan 2
tulisan pada jurnal ilmiah nasional dan internasional terindeks;
3) Mampu
memilih penelitian yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan
kemaslahatan pada umat manusia melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin,
atau transdisiplin, dalam rangka mengembangkan dan/atau menghasilkan
penyelesaian masalah di bidang keilmuan, teknologi, seni, atau kemasyarakatan,
berdasarkan hasil kajian tentang ketersediaan sumberdaya internal maupun
eksternal;
4) Mampu
mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin,
multidisiplin, atau transdisiplin, berdasarkan kajian tentang sasaran pokok
penelitian dan konstelasinya pada sasaran yang lebih luas;
5) Mampu
menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi atau seni berdasarkan pandangan
kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan
secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media
massa atau langsung kepada masyarakat;
6) Mampu
menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan, dan
pembinaan sumberdaya serta organisasi yang berada dibawah tanggung jawabnya;
7) Mampu
mengelola, termasuk menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali
data dan informasi hasil penelitian yang berada dibawah tanggung jawabnya;
8)
Mampu
mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan di dalam
lingkungan sendiri atau melalui jaringan kerjasama dengan komunitas peneliti
diluar lembaga.
3. 3. Pengetahuan
1) Mampu
menguasai paradigma pemikiran filosofi matematika dan pendidikan matematika, hubungan
keduanya dalam ilmu pengetahuan, dan konsep-konsep psikologi masa kini, serta
konsep lain yang berkembang untuk memecahkan masalah pendidikan matematika.
2) Mampu
menguasai konsep matematika lanjut dan prinsip-prinsip pedagogi yang
dimanfaatkan untuk pengembangan keilmuan pendidikan matematika.
3) Mampu
menguasai teori dan model penelitian kependidikan matematika untuk
mengembangkan teori dan praktik pendidikan matematika yang orisinal, kreatif,
dan inovatif melalui riset, serta mempublikasikannya
pada seminar dan jurnal ilmiah internasional bereputasi.
4. 4. Keterampilan
Khusus
1) Mampu
mengidentifikasi permasalahan pendidikan matematika, membuat rancangan
pemecahan masalah, dan menyelesaikannya melalui kajian
integratif dalam kehidupan, kebudayaan, pedagogik, keilmuan matematika, teknologi,
dan informasi, serta manajemen pengelolaan pendidikan matematika.
2) Mampu
melaksanakan penelitian dan pengembangan pendidikan matematika yang bermanfaat
bagi kepentingan dunia pendidikan matematika dan masyarakat, serta
mempublikasikannya pada jurnal internasional bereputasi.