F.  PROFIL LULUSAN

Profil Lulusan Program Studi Doktor Pendidikan Matematika Pascasarjana Unesa adalah:

  1. Akademisi Senior Pendidikan Matematika
  2. Peneliti Ahli Pendidikan Matematika
  3. Pengembang dan Konsultan Ahli Pendidikan Matematika.

 

G.  KOMPETENSI LULUSAN (PEO = Program Educational Objectives)

Program Doktor Pendidikan Matematika Unesa dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai berikut.

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru dalam bidang Pendidikan Matematika atau praktik profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, orisinal, dan teruji.
  2. Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dalam bidang pendidikan matematika melalui pendekatan inter-, multi-, dan transdisipliner.
  3. Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.

 

H.   CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP/PLO = Program Learning Outcomes)

Berdasarkan kualifikasi Kerangka Kerja Nasional Indonesia (KKNI) tahun 2012 untuk jenjang 9 (S-3) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi tahun 2015, maka Standar Kompetensi Lulusan Prodi S3 Pendidikan dinyatakan dalam Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi S-3 Pendidikan Matematika yang dirumuskan sebagai berikut.

  1. Sikap

1)      Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

2)      Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

3)    Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

4)   Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

5)      Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6)      Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7)      taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

8)      Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9)      Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

10)   Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

  1. Keterampilan Umum

1)   Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora di bidang keahliannya, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif;

2)      Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni dan inovasi yang dihasilkannya dalam bentuk disertasi, serta memublikasikan 2 tulisan pada jurnal ilmiah nasional dan internasional terindeks;

3)   Mampu memilih penelitian yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, dalam rangka mengembangkan dan/atau menghasilkan penyelesaian masalah di bidang keilmuan, teknologi, seni, atau kemasyarakatan, berdasarkan hasil kajian tentang ketersediaan sumberdaya internal maupun eksternal;

4)  Mampu mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya pada sasaran yang lebih luas;

5)   Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi atau seni berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat;

6)  Mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan, dan pembinaan sumberdaya serta organisasi yang berada dibawah tanggung jawabnya;

7)     Mampu mengelola, termasuk menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi hasil penelitian yang berada dibawah tanggung jawabnya;

8)      Mampu mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan di dalam lingkungan sendiri atau melalui jaringan kerjasama dengan komunitas peneliti diluar lembaga.

 

3.       3.  Pengetahuan

1)  Mampu menguasai paradigma pemikiran filosofi matematika dan pendidikan matematika, hubungan keduanya dalam ilmu pengetahuan, dan konsep-konsep psikologi masa kini, serta konsep lain yang berkembang untuk memecahkan masalah pendidikan matematika.

2)   Mampu menguasai konsep matematika lanjut dan prinsip-prinsip pedagogi yang dimanfaatkan untuk pengembangan keilmuan pendidikan matematika.

3)      Mampu menguasai teori dan model penelitian kependidikan matematika untuk mengembangkan teori dan praktik pendidikan matematika yang orisinal, kreatif, dan inovatif melalui riset, serta mempublikasikannya pada seminar dan jurnal ilmiah internasional bereputasi.

 

 

4.       4. Keterampilan Khusus

1)      Mampu mengidentifikasi permasalahan pendidikan matematika, membuat rancangan pemecahan masalah, dan menyelesaikannya melalui kajian integratif dalam kehidupan, kebudayaan, pedagogik, keilmuan matematika, teknologi, dan informasi, serta manajemen pengelolaan pendidikan matematika.

2)   Mampu melaksanakan penelitian dan pengembangan pendidikan matematika yang bermanfaat bagi kepentingan dunia pendidikan matematika dan masyarakat, serta mempublikasikannya pada jurnal internasional bereputasi.